"Pemimpin sejati melayani. Melayani orang-orang.
Melayani minat terbaik mereka. Dalam memimpin, mereka tidak selalu bertindak
populer, dan tidak juga selalu mengesankan. Tetapi pemimpin sejati selalu
dimotivasi oleh kepedulian kasih dibandingkan hasrat kejayaan pribadi dan
mereka pun bersedia membayar harganya" - Eugene B. Habecker
Dear Indra pemimpin yang baik,
Memimpin yang efektif bukanlah mengenai
bagaimana memerintah anak buah. Semua orang pun bisa melakukan hal itu jika
diberi kekuasaan.
Memimpin yang efektif adalah sebuah seni
melayani. Pemimpin yang memiliki banyak pengikut
adalah pemimpin yang melayani.
Menurut pakar kepemimpinan John C. Maxwell,
untuk menjadi orang besar kita harus mau menjadi yang paling kecil dan juga
pelayan bagi orang lain.
Layanilah orang lain dengan
melakukan apa yang kita minta lakukan pada orang lain. Bersedia menyingsingkan lengan
baju kita untuk bekerja. Otomatis Anda akan menjadi contoh bagi karyawan atau
pengikut Anda.
Dengarkan aspirasi karyawan Anda dan
berempatilah pada mereka. Empati Anda akan menimbulkan rasa hormat mereka terhadap
Anda, serta memberikan pertumbuhan pada diri Anda dan pengikut Anda.
Jadilah mentor mereka. Menjadi
mentor adalah bagaimana kita mengubah seseorang menjadi seseorang yang lebih
baik lagi.
Fokuslah juga pada solusi permasalahan,
bukan pada kesalahan karyawan Anda. Formulasikan rencana tindakan Anda untuk
mengatasinya.
Jika Anda ingin menjadi pemimpin pada tingkat tertinggi,
bersedialah melayani orang yang paling rendah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar