21 April 2013

Bongkar, Bongkar, Bongkar !!!

Masih adakah keraguan yang tiba-tiba menyelinap dalam pikiran kita, atau bahkan keraguan itu sering kali muncul tanpa kita sadari ? ya, disinilah kita dihadapkan pada keyakinan yang hendak digoyahkan. Keyakinan pada apapun, terutama keyakinan pada terwujudnya mimpi-mimpi kita. Keyakina pada tercapainya segala harapan kita.

Ya, inilah mitos yang kerapkali kita legalkan dalam pikiran kita, bahwa dengan keterbatasan yang kita miliki, kita mengambil kesimpulan bahwa kita tak mungkin dapat melakukan yang terbaik. Padahal banyak sekali contoh disekitar kita yang mengenyahkan segala bentuk kekurangan dan keterbatasan tersebut, kemudian dia melejit tinggi dan meraih segala cita-citanya dengan segala keterbatasan.

Jika hanya terus memandang pada keadaan yang yang serba terbatas, maka semestinya kita melebihkan usaha kita untuk menembus batas itu. Sungguh adalah mitos yang menyesatkan jika kita tak dapat menang dalam setiap kompetisi kehidupan karena kita kurang materi, cacat fisik, kurang keterampilan dan masih banyak lagi alas an yang kita kemukakan yang menghalangi kita untuk berbuat lebih. Maka, saatnya kita membongkar mitos itu. Mitos bahwa kekurangan dan keterbatasan mengalahkan kita. Dan kita menggantinya degan sebuah paradigm bartu, bahwa dalam sesempit apapun, harapan itu selalu ada. Dan perlu kita ingat bahwa Tuhan bersama orang-orang yang memeluk harapannya erat-erat.

Inilah kita, dunia kita, kita yang paling tahu tentang diri kita. Jadi, jangan sampai orang lain yang mengubah haluan kita, jangan biarkan orang lain menyimpangkan cita-cita besar kita, jangan biarkan orang lain mengubah takdir kita untuk menjadi pemimpin, dan ambilah kesempatan itu, dimanapun adanya, untuk diri kita dan untuk mewujudkan mimpi-mimpi kita dengan terus menerus memupuk semangat dan percaya diri.

Ayo, bongkar … bongkar … bongkar. Jangan Cuma minum kopi” kata ustadz Anis Matta yang begitu membahana suaranya. Saatnya kita membongkar tradisi-tradisi illegal itu, tradisi yang membuat kita kerdil. Ayo bongkar segala mitos menyesatkan itu, mitos yang membuat kita kalah. Dan yakinlah, ketiak kita bertarung dengan berbekal semangat, percaya diri dan harapan yang melambung tinggi, sungguh kita telah bertarung secara jantan, meski kita bersimbah darah bahkan kita kehabisan segalanya, maka kita pun akan tersenyum dengan puas telah membongkar mitos ketidakmampuan kita dalam menghunus kehidupan yang katanya kejam.

Tidak ada komentar: