2 April 2012

Catatan KKN ku (Bag. 1)

Pembekalan KKN - Ahad, 1 April 2012

Hari ini adalah pembekalan bagi calon peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAID Ciamis Tahun Akademik 2011/2012, pembukaan dimulai Pkl. 09.00 yang dibuka langsung oleh Rektor IAID Ciamis Dr. KH. Fadlil Munawwar Manshur M.S. beliau berpesan kepada seluruh peserta KKN agar senantiasa menjaga citra diri dan itra akademik selama berada di lokasi KKN.
Peserta KKN IAID Ciamis 2012 ini diikuti oleh sebanyak 212  peserta dari berbegai Prodi dan Fakultas dengan tema “Memberdayakan potensi dan keterampilan nahasiswa dalam pengembanngan aspek-aspek keagamaan di masyarakat” yang dibagi menjadi 15 kelompok dan disebar ke 15 Desa yang ada di wilayah Kecamatan Ciamis, Cijeungjing, Kawali dan Pangandaran.
Pembekalan ini diisi oleh berbagai materi yang akan menjadi ‘projek’ kami selama mnjalani KKN nanti di lapangan, dan sesuai dengan tema KKN 2012 ini maka pengembangan kegiatan keagamaan dan pemberdayaan masyarakat di bidang dakawah keagamaan dan sosial menjadi titik tumpu sasaran dan target kegiatan KKN kali ini. Materi yang disajikan diantaranya pengembangan dan pengelolaan Madrasah Diniyah, Pengembangan takmirul masjid, bagaimana cara pembuatan program KKN dan masih banyak lainnya yang menjadi bekal para peserta ketika sudah berada di lapangan.
Dan saya tercatat di kelompok Kelurahan Cigembor, Kecamatan Ciamis bersama 11 orang kawan, yaitu: Pak Suherman, Nita Nurdwiyanti dan Tia Noermayanti (PGMI), Elah, Hilman Fauzi, Didi Suwardi,  Fathurohman, Iwan Hermawan dan Ipah Latipah (PAI) dan Pak Salim paling senior dari Prodi AS-Fakultas Syari’ah. Ya, kelompok saya berjumlah 12 orang dengan Pak Suherman sebagai Ketua. Adapun yang menjadi Dosen Pembimbing Lapangan kelompok kami adalah Bapak Ujang Endang, S.Ag., M.Pd. yang mana beliau juga menjabat sebagai Ketua Prodi PGMI.
O ya, KKN yang rencananya akan dilaksanakan selama 1 bulan penuh (2-30 April 2012) kali ini sengaja lokasi KKN dekat dengan wilayah Kampus dengan alasan beberapa hal yang cukup penting, yaitu agar mahasiswa yang masih melakukan bimbingan bisa melakukannya dengan baik, mengejar target dan program kelulusan lainnya seperti munaqasyah dan komprehensip.
Hanya kepada Alla saya memohon, mudah-mudahan KKN ini menjadikan kami lebih dewasa, bisa lebih baik dalam beradaptasi dan bersosialiasasi di masyarakat. Dan semoga ini menjadi ladang amal yang akan menyuburkan dakwah bagi semua kalangan, Amiiin …

Tidak ada komentar: