11 April 2012

Pawai Budaya Menyambut Peringatan Satu Abad HB IX


Yogyakarta - Sebagai kota pelajar, Yogyakarat merupakan wilayah yang memberikan ruang bagi semua masyarakat Indonesia untuk menimba ilmu, berkreasi, berkembang dan menjalin persaudaraan sesama anak bangsa. Keberagaman suku, budaya agama dan latar belakang dapat tumbuh dan berkembang di Jogja. Ruang-ruang publik yang terbuka bagi semua kalangan.

Hal itu terbukti, kebhinnekaan yang terus terjaga di Yogyakarta merupakan buah perjuangan Sri Sultan Hamengkubuwono IX sebagai tokoh yang memiliki andil besar dalam memperjuangkan Indonesia merdeka dan tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. Termasuk mempertahankan seni budaya bangsa sebagai identitas nusantara.
Adapun, Yogyakarta telah membuktikan kepada Indonesia dan dunia dengan semangat perjuangan Sultan HB IX untuk menjadi garda terdepan dalam mempertahankan budaya bangsa sebagai benteng pertahanan bangsa, dengan berkembangnya seni budaya dari berbagai daerah untuk tumbuh dan berkembang.

Namun, selain itu peran Sultan HB IX dalam dunia pendidikan dengan meminjamkan ruangan keraton dan beberapa gedung lainnya untuk sarana belajar mahasiswa Universitas Gajah Mada. Selain itu Sultan HB IX dikenal sebagai Bapak Pramuka Indonesia, dan pernah menjabat sebagai Ketua kwartir Nasional Gerakan Pramuka.

Sedangkan, di Yogyakarta banyak terdapat kelompok seni budaya yang berasal dari berbagai pulau yang sering tampil dalam ruang-ruang ekpresi seni dan budaya. Salah satu ruang yang dibuka adalah melalui Pawai budaya yang menjadi perekat antara kelompok budaya, seniman, mahasiswa seluruh nusantara.

Sementara, bersama dengan semangat mempertahankan keistimewaan Jogya sebagai rumah bersama bagi seluruh anak bangsa dan peringatan I Abad HB IX, kelompok seni budaya Voice Of The East (Vote) sebuah wadah membangun solidaritas untuk perdamaian, keadilan, budaya dan lingkungan untuk Indonesia Timur akan menggelar kegiatan pawai budaya.

Adapun, kegiatan ini diharapkan mampu membangun solidaritas budaya dengan meneguhkan kebhinnekaan dari Yogyakarta serta membangun keadilan, kemanusiaan yang berkebudayaan. Menjadikan Yogyakarta sebagai rumah yang nyaman dan aman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dengan semangat membangun persaudaraan anak anak bangsa serta merekatkan solidaritas yang kuat dengan masyarakat Indonesia Timur yang tinggal di Yogyakarta. Untuk itu tujuan kemerdekaan yang diperjuangan Sultan HB IX tetap menjadi semangat bagi seluruh anak bangsa serta menjadi kekuatan bagi masyarakat Indonesia Timur.

Sedang acara kegiatan akan dilaksanakan pada tanggal 14 April 2012, waktu 14.00-17.00 WIB, mengambil rute, Taman Abubakar Ali – Malioboro - Alun-alun Utara. Adapun peserta pawai adalah kelompok seni, budaya, mahasiswa dari berbagai provinsi, organisasi sosial masyarakat di wilayah DIY. Sedangkan pakaian diharapkan menggunakan pakaian Tradisional/Daerah/Kostum Kesenian

Setelah sampai finish akan disambut oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X dilanjutkan pentas musik oleh Glend Fredly, Edo Kondologit, Gigi, Slank, Shaggydog, Jogja Hip-Hop, Tompi, NTT Bermusik dan sejumlah perwakilan kelompok budaya.

Tidak ada komentar: