15 Januari 2012

PERSOALAN …


Semuanya terserah kita, mau mengambilnya atau menghindarinya, karena ia pasti menemui kita, ia pasti menyertai kita, dan ia senantiasa berada dalam setiap detik kehidupan kita. Ya, ialah Persoalan.

Persoalan yang mengitari kita seringkali berada pada saat kita tak menginginkannya, bahkan barangkali diantara kita tak menginginkan persoalan itu hadir dalam kehidupan kita. Itu wajar, karena kita adalah manusia yang selalu menginginkan ketenangan hidup. Hidup yang bergelimang kebahagiaan, hidup tanpa kegelisahan, jauh dari kepedihan dan terbebas dari tekanan, dan kita berusaha menghindari persoalan hidup itu.

Setiap kita memiliki persoalan yang berbeda, tergantung dimana kelas kita berada. Yang semestinya harus kita lakukan adalah menjawab semua soal-soal itu, bukan menghindarinya atau menggerutu terhadap soal-soal yang ada dihadapan kita. Karena jika kita mengabaikan persoalan yang ada dihadapan kita atau malah menggerutu karenha merasa kesal, maka bersiaplah dengan persoalan-persoalan yang semakin menumpuk, dan akumulasi persoalan itu akan menyeret kita pada jurang frustrasi dan putus asa.

Jangan melihat persoalan sebagai sesuatu yang menyeramkan, tapi pandanglah ia sebagai sebuah hadiah yang menggembirakan atau tamu spesial yang akan memberikan kita harapan baru atau mungkin ia adalah mutiara yang tersembunyi di balik lumpur, setelah kita membersihkan lumpur itu kitapun akan memahami keindahan dibalik persoalan itu.

Selalu terngiang dalam benak saya tentang nasehat seorang dosen yang begitu bijak, begitu tulus dan begitu mencerahkan, beliau berkata, “Jangan meributkan persoalan yang ada di depan mata kita, teruslah berusaha menjawabnya, jangan membuat persoalan diatas persoalan, jangan membuat soal-soal baru karena kita tak mau menjawabnya atau karena kita acuh terhadapnya, tapi selesaikan. Setelah itu, kalian akan tahu, betapa persoalan yang kalian hadapi adalah jawaban atas do’a-do’ kita pada-Nya untuk menumbuhkan kita menjadi manusia yang luhur …

So, mari kita hadapi setiap persoalan yang ada didepan kita. Kita yakini setiap persoalan membutuhkan jawaban, dan jawaban itu pasti kita dapatkan, sesulit apapun jawabannya, kita pasti menemukannya.

Tak perlu takut untuk melakukan kesalahan dalam menjawabnya, karena seringkali karena kesalahan menjawab menjadikan kita lebih bijak dan kita mampu belajar banyak dari setiap kesalahan atas jawaban yang kita lakukan.

Selamat menjawab setiap persoalan yang ada, bersiaplah untuk naik kelas. Seringkali saya sampaikan kepada adik-adik saya dalam setiap menghadapi persoalan dan tantangan kehidupan, kata yang saya harapkan mampu menyihir mereka untuk tetap berjalan dalam setiap tekanan, kata-kata itu adalah; HADAPI, SIASATI, JALANI, dan TUNTASKAN !!!


Tidak ada komentar: