1 Januari 2012

Selamat UAS Ganjil 2011/2012


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sukses Sahabat ARMADA sekalian
Apa kabar sahabat Armada ? Semoga kita senantiasa dalam naungan dan bimbingan Allah Azza Wajalla, yang menghadirkan ketenangan dalam setiap jiwa yang gelisah, yang menganugrahkan ketentraman bagi setiap hati yang dirundung ironi dan yang Maha Memeilhara setiap keadaan serta menguasai setiap keadaan.

Meski masih dalam suasana Tahun Baru Masehi 2012, namun euforia Ujian Akhir Semeter telah tiba, khususnya bagi sahabat ARMADA yang kuliah di Kampus tercinta Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis secara agenda akademis UAS akan dilaksanakan pada Tanggal 3 s.d. 8 Januari 2011. Sebenarnya UAS ini sama seperti UAS-UAS sebelumnya, namun bagi sahabat yang baru duduk di Semester I (pertama) merupakan pengalaman baru bagaimana pelaksanaan UAS di kampus, dan bagi yang duduk di semeter VII (Tujuh) mungkin ini adalah UAS yang terakhir kalinya. So, ada yang spesial di UAS kali ini khusus bagi Semester VII, karena ini adalah UAS yang terakhir maka perlu kita sikapi dan siasati sebaik mungkin.
Sahabat ARMADA yang berbahagia
Terkait pelaksanaan UAS ini, maka ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan kepada sahabat sekalian. Ini bukan nasehat atau menggurui, jauh sekali jika hal itu menjadi motivasi saya untuk menyampaikan pesan ini kepada sahabat sekalian. Ujian adalah Ujian, Ujian ada karena kita berhak mendapatkannya, karena kita membutuhkannya. Bukan ujian yang membutuhkan kita, tetapi kitalah yang membutuhkannya. Jika kita tidak ingin diuji, maka kita tidak akan mengetahui sejauhmana kompetensi yang kita miliki, jika kita tidak diuji, maka sebaiknya kita berpikir ulang kenapa kita hidup di alam dunia pendidikan bahkan berada di universitas kehidupan.
Hanya saja, diantara kita berbeda dalam menyikapi setiap ujian. Ada yang cuek bebek, ada yang bersungguh-sungguh dan adapula yang biasa-biasa saja. So, sahabat termasuk golongan yang mana neh ? Silakan, sahabat bisa memilih sendiri, tak ada yang memaksa. Karena diantara kita sudah dapat memprediksi konsekuensi yang akan diterima dengan komitmen yang kita ambil dan keputusan yang telah kita sepakati, Man Yazra’ yahshud, barang siapa yang menanam dia akan mengetam. Mau jadi orang yang biasa-biasa saja, mau jadi orang yang Luar biasa atau termasuk golongan yang superbiasa, The Choice is Yours …
UAS Spesial kali ini sangat disayangkan jika kita hadapi dengan bersantai ria atau mungkin bagi yang sudah terjebak pada kultur ‘biasanya’, maka ia ‘berstrategi’ agar mendapatkan nilai yang baik tapa harus bekerja keras. Namun, yang selalu saya ingatkan pada diri saya sendiri, bahwa berapapun Nilai kita tak menjadi arti jika didapat dari kecurangan, Nilai yang kita dapat tidak akan bermakna jika diraih melalui proses yang illegal.
Yu ah, kita siapkan UAS kali ini dengan segenap hati, mental, jiwa dan raga (kayak mau perang jah …) karena sejatinya UAS adalah media pertempuran dan tentu kita tidak ingin kalah oleh soal-soal yang disajikan kepada kita, UAS adalah medan perjuangan yang akan menentukan masa depan kita. Maka, sekecil apapun kesungguhan yang kita lakukan akan berbuah keajaiban.
Akhirnya, saya ucapkan selamat melaksanakan Ujian Akhir Semester Ganjil Tahun Akademik 2011-2012, semoga kita bisa menyuguhkan hal yang berbeda pada pelaksanaan ujian kali ini yakni ujian yang sesungguhhnya ujian, tanpa ada kepura-puraan, tanpa ada main mata atau bahkan menyiapkan siasat provokatif.
Salam hangat dan salam sukses saya haturkan kepada sahabat ARMADA sekalian, semoga Tahun Baru ini menjanjikan semangat baru, pencapaian-pencapain baru atas harapan yang dilambungkan, dan menjadi manusia baru untuk menjemput cita-cita di masa hadapan.
Dua Ribu Sebelas Dibungkus
Dua Ribu Dua Belas Maju Terusss …
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Tidak ada komentar: