24 Oktober 2012

Sya’ir Umayyah bin Abis Shilat untuk Anaknya yang Pembangkang



Aku telah memberimu makan ketika engkau dilahirkan
Aku telah mencukupkan belanjamu ketika engkau menginjak dewasa
Dan engkau telah menikmati apa yang aku petikkan untukmu

Jika suatu malam penyakit dating menyerangmu
Tak pernah aku bermalam karena sakitmu itu
Kecuali aku berjaga semalam suntuk sambil gelisah
Seakan-akan merasakan sendiri penderitaa yang engkau alami
Sehingga air mataku jatuh berlinang

Jiwaku merasa cemas jika kematian dating merenggutmu
Sedangkan ia mengetahui bahwa kematian itu pasti dating
Namun, ketika engkau telah dewasa
Banyak tujuan yang telah engkau capai

Ternyata engkau bukanlah yang aku harapkan
Telah kau balas jasaku dengan kekerasan dan kekerasan
Seakan-akan engkaulah yang member nikmat dan keutamaan itu
Andaikata engkau tidak dapat memelihara kebapakanku

Baiklah, engkau dapat memperlakukanku seperti tetangga dekat
Atau, memperlakukan aku seperti mempunyai hak tetangga
Engkau tidak bakhil kepadaku dengan harta yang bukan hartamu

Sumber: Tarbiyatul Aulad, Nashih Ulwan

Tidak ada komentar: