5 Januari 2012

Selebrasi Sujud Syukur Demba Ba


Ada yang tahu siapa Demba Ba ? bagi kalian yang hobi nonton sepak bola, apalagi Liga Inggris nama Demba Ba saat ini tengah menjadi sorotan dari berbagai pengamat, pelatih dan tentunya bagi yang suka nonton bola. Mengapa demikian ? Karena dengan sangat mengejutkan namanya berada pada jajaran Top Skor Liga Inggris musim 2011-2012  pada urutan kedua hingga matchday ke-20 dengan torehan 15 Gol setelah Van Persie yang mengolkesi 17 Gol dan diatas Kun Aguero dengan selisih satu gol, hal ini tidak pernah diprediksikan sebelumnya oleh para pengamat dan melebihi ekspekstasi dari berbagai kalangan terutama para pendukung The Magpies.


Tulisan ini saya buat bukan karena saya pendukung Newcastle United, karena saya seorang Liverpooldlian, pendukung sejati Liverpool. Namun, ketertarikan saya adalah bahwa pada setiap Ba menjebol gawang lawan ia selalu melakukan Sujud, dan saya bertanya pada diri saya sendiri, apakah dia seorang Muslim ?  Ternyata dugaan saya tidak meleset, dia adalah seorang muslim.

Saya kagum kepadanya, karena ia telah bangga dengan identitasnya sebagai seorang muslim. Ia tidak pernah ragu atau sungkan setiap kali ia mencetak gol, saat itu pula ia melakukan sujud syukur, sungguh luar biasa. Ia berada ditengah kawan-kawannya yang non musli di Inggris dan ia sama sekali tidk kehilangan jati dirinya sebagai seorang muslim, ia kini menjadi bintang lapangan dan ia tidak pernah habis untuk bersyukur.


Demba Ba dilahirkan pada 25 Mei 1985 di Sevres, Perancis. Ba kemudian mewakili Tim Nasional Senegal sebagai Striker. Namanya sebagai seorang penyerang handal mulai berkibar ketika dia masuk club Bundesliga, TSG Hoffenheim pada 2007. Dia kemudian masuk ke Club West Ham United pada Januari 2011 dan berhasil menjaringkan 7 gol dalam 12 laga. Bagaimanapun, Ba gagal menyelamatkan West Ham yang harus tersingkir dari Primier Leage karena terjerembab di zona Degradasi pada akhir musim.

Dia kemudian masuk Newcastle United pada Juni 2011 selepas habis kontrak dengan West Ham United. Persembahan Ba pada peringkat awal karier di SJP agak perlahan, kemungkinan disebabkan oleh berpuasa Ramadhan. Ba akhirnya berhasil mencetak gol pertama untuk Newcastle pada 24 September 2011 ketika melawan Blackburn Rovers. Dia seterusnya melesatkan 3 gol untuk membantu Newcastle menang 3-1. Dia juga merayakan gol pertamanya dengan sujud syukur. Alhamdulillah.

Dengan kecemerlangan permainan Demba Ba di lapangan hijau, menambah daftar pemain top kaliber dunia yang beragama Islam. Diantara pemain-pemain top tersebut adalah :
1.    Zenedine Zidan (Prancis – Real Madrid)
2.    Karim Benzema (Prancis – Real Madrid)
3.    Mesut Ozil (Jerman – Real Madrid)
4.    Shamir Nasri (Prancis – Manchester City)
5.    Yaya Toure (– Manchester City)
6.    Koulo Toure (– Manchester City)
7.    Frank Ribery (Belanda – Muenchen)
8.    Ben Arfa (Newcastle United)
9.    Ibrahim Mc Afelay (Barcelona FC)
10. Robin Van Persie (Arsenal)

Selain daftar diatas, masih banyak lagi pemain-pemain muslim yang merumput di club-club liga Eropa yang sarat dengan prerstasi dan gengsi. Mereka adalah pemain top dunia mereka adalah seorang muslim, dan mereka pula bangga dengan identitasnya sebagai seorang muslim. Semoga dengan kehadiran mereka di lapangan hijau mampu menjadi trend positif di mata dunia tentang Islam, mampu mengangkat moral serta menjadi pelajaran bagi kita semua.

Bagaimana pendapat pelatihnya, "Dia hanya salah satu pemain yang memiliki segalanya sebagai seorang striker. Tidak banyak yang tidak dapat dia lakukan, dan itu menunjukkan kualitas dirinya," ujar Pardew.

Hidup di tengah glamornya industri sepakbola, banyak pebola muslim di Eropa yang tetap beribadah. Mereka juga hidup sesuai dengan ajaran Islam. Hal itu menjadi kunci rahasia kenapa jarang pebola Muslim yang disorot kehidupan pribadinya bermasalah. Itu juga yang membuat permainan mereka cenderung stabil dan emosi di lapangan senantiasa terjaga. Untuk itu, kita patut memuji sikap mereka yang tetap beribadah walaupun di eropa banyak pemain-pemain lain yang beragama non-muslim.


"Saya tidak melihat siapa musuhnya ketika saya bermain. Saya hanya mengatakan kepada diri sendiri untuk tampil bagus dan bermain 100%. Saya hanya memikirkan bagaimana diri saya sendiri bermain," Ucap Ba setelah berhasil memenangkan pertandingan melawan Manchester United (5/1/11).

1 komentar:

sandy mengatakan...

Frank Ribery berasal dari Perancis mas bukan Belanda.. cuma mau koreksi aja,, Bagus artikelnya,, makasih ya infonya..