25 Juli 2012

Menjadi Bupati ...


Adakah diantara sahabat semua yang bermimpi menjadi "Bupati" pada usia muda ???


Ya, itulah saya yang di-'takdir'-kan menjadi "Bupati" di "Kabupaten Galuh Sangga Bhuana" pada kegiatan Raimuna ke-13 dan Kanira ke-5 Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Kabupaten Ciamis yang digelar tanggal 24-30 Juni 2012 di Bumi Perkemahan Majaprana, Kec. Cijeungjing Kab. Ciamis. Jadi, saya diamanahi menjadi Bupati selama satu minggu.


Ya, layaknya seorang Bupati, saya didampingi oleh Wakil Bupati, seorang Sekretaris Daerah (Sekda), dan beberapa Ketua Bidang yang setingkat dengan Kepala Dinas jika dianalogikan dalam sistem pemerintahan sekarang ini.


Saya diberikan amanah untuk mengelola dan mengakomodir penduduk Kabupaten Galuh Sangga Bhuan yang jumlah penduduknya hampir mencapai 1000 jiwa.


Ada sedikit kebanggaan di hati, namun beban moral lebih kental dirasa. Menjadi Bupati perkemahan saja sudah cukup menyita waktu, tenaga dan pikiran, apalagi jika menjadi Bupati sesungguhnya. Inilah media pembelajaran yang sangat efektif yang saya rasakan di Dunia Pramuka, dimana kita belajar untuk menjadi pemimpin, belajar untuk berbuat, belajar untuk berkarya, belajar untuk mengayomi, belajar untuk mendengarkan keluhan, belajar untuk memfasilitasi setiap aspirasi dan belajar untuk menjadi seorang yang memikul tangggungjawab yang dilandasi sukarela.


Meskipun jabatan yang adalah Bupati, tapi disini tak diberi Upah, alis FREE. Namun, pengalaman jauh lebih penting dan jauh lebih berharga dibandingkan gaji atau honor belaka.


Ya, saya dihadapkan pada perkara-perkara yang diluar dugaan. Allahu Akbar, betapa sangat kompleks menjadi seorang pemimpin. Ia tidak hanya dituntut sabar tapi juga tegas dalam mengambil sikap. Ia tidak hanya mampu berjanji, tapi menunjukan bukti.


Semoga, ini menjadi bekal berharga bagi saya, juga bagi sidang pembaca blog ini.


Jika ada yang bertanya, apa Jabatan tertinggi yang pernah kamu rasakan ??
maka, dengan bangga akan saya katakan bahwa saya pernah menjadi seorang "BUPATI" selama satu minggu.


oh ya, sebagai catatan bahwa saya adalah "Bupati Pertama" di Keluarga Besar Galuh Sangga Bhuana. Karena beberapa Ketua DKC T&D Ciamis sebelumnya menjabat sebagai "Camat" Perkemahan.


Ini photo beberapa Mantan Ketua DKC T&D Ciamis yang pernah menjadi Camat Galuh Sangga Bhuana :

Kika: Kak Baim Setiawan, Kak Iing Kuswandi, Kang Indra 'Uchu' Maulana, Kak Sarip 'Abah' Hidayat dan saya









Tidak ada komentar: