10 Juli 2012

Pidato Wisudawan IAID Ciamis 2012


Teks Pidato Wisudawan pada Prosesi Wisuda S1 dan S2
Institut Agama Islam Darussalam (IAID) – Ciamis
                                                                                                         


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Innal hamdalillah nahmaduhu wanasta’inihu wanastagfiruh wana’udzubillahi min syururi anfusina wamin sayyiati a’malina manyahdilahu fala mudillalah waman yudlilhu fala hadiyalah. Asyhadu anlailaha illallah waasyhadu anna muhamadan ‘abduhu warasuluh.

Yth. Rektor Institut Agama Islam Darussalam Ciamis
Yth. Koordinator Kopertais Jabar Banten
Yth. Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama Republik Indonesia
Yth. Seluruh Dosen Institut Agama Islam Darussalam Ciamis
Yth. Para Tamu Undangan
dan yang saya banggakan rekan-rekan Wisudawan


Puji serta syukur kita panjatkan ke hadirat Allah swt. bahwasannya kita masih diberi rahmat, hidayah serta taufik-Nya sehingga kita dapat berkumpul di tempat yang Insya Allah dimuliakan oleh Allah swt.

Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurah limpah kepada nabi Muhammad saw. yang telah membawa umat manusia dari masa jahiliyah ke masa zakariyah.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya mewakili wisudawan Institut Agama Islam Darussalam Ciamis untuk menyampaikan sepatah dua patah kata sebagai rasa tasyakur kami telah diwisuda sebagai sarjana di lingkungan Institut Agama Islam Darussalam Ciamis.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini adalah hari yang kita nantikan bersama, hari yang merupakan tanda bagi kami telah menyelesaikan tugas belajar di perguruan tinggi. Dibutuhkan waktu yang tidak singkat dan perjuangan yang luar biasa untuk menghantarkan kita sampai pada hari ini. Banyak kenangan yang kami lalui di kampus tercinta ini yang tidak mungkin dapat kami lupakan. Kita patut bersyukur kepada Allah swt. yang masih menjaga kita dengan segenap impian-impian besar kita tentang masa depan. Karena tanpa penjagaan Allah, niscaya impian kita akan mudah terombang-ambing oleh rintangan yang ada. Kita patut bersyukur atas keteguhan yang Allah sematkan pada kita untuk bisa meraih suatu keinginan yang mulia, yakni menjadi insan yang dapat mencerdaskan bangsa dan sekaligus dapat berkontribusi di segala sisi kehidupan.

Hadirin yang berbahagia,

Atas segala yang kita raih pada hari ini, kita patut berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan membantu proses ini. Yang pertama kami ucapkan terima kasih kepada Bapak dan Ibu kami yang telah memberi dukungan berupa kepercayaan, dukungan moral dan spirit. Yang menjadikan kami selalu ingat bahwa kami di sini untuk melaksanakan amanah dari mereka.

Selanjutnya, kami ucapkan terima kasih kepada seluruh dosen di lingkungan Institut Agama Islam Darussalam yang telah membimbing kami dan menjadi orang tua kami saat kami berada di perguruan tinggi ini. Masih terbayang dalam ingatan, ketika Bapak Ibu dosen mendidik kami dengan penuh kasih dan sayang. Terima kasih atas segala jasa yang telah diberikan kepada kami. Semoga Allah swt. membalas dengan pahala yang berlimpah atas semua kebaikan yang Bapak dan Ibu berikan.

Kami juga sangat berterima kasih kepada seluruh pimpinan beserta jajaran di lingkungan Institut Agama Islam Darussalam yang selama ini telah banyak membantu kami dalam setiap hal dan menyediakan fasilitas belajar dan telah menjadikan kami memiliki keluarga besar yang teramat kami cintai dan kami bangga atasnya.

Hadirin yang berbahagia,

Kepada seluruh pimpinan beserta jajaran dan seluruh dosen kami memohon maaf yang sebesar-besarnya jika saat belajar di kampus maupun di luar kampus, ada sikap yang tidak terpuji, kata-kata yang tercela dan khilaf yang tidak disengaja telah melukai Bapak dan Ibu semua. Selanjutnya, kami atasnama seluruh wisudawan memohon do’a restu dari Bapak Rektor sekaligus pengasuh, dosen dan para pimpinan beserta jajaran di lingkungan Institut Agama Islam Darussalam Ciamis agar kami yang akan melanjutkan perjuangan demi menegakkan syi’ar islam, serta berpartisipasi  dalam rangka mencerdaskan anak bangsa diberi kemudahan, kelancaran dan kesuksesan, serta ilmu yang kami dapat kelak bermanfaat. Amin ya robbal ‘alamin.

Kepada seluruh wisudawan/wisudawati,

Saya mengucapkan selamat atas prestasi yang telah diraih. Apapun predikat kelulusan kita, kita yakini bahwa itulah yang terbaik yang dapat kita capai. Saksikanlah bahwa pada hari ini, tidak hanya rekan-rekan wisudawan yang dapat tersenyum tetapi lihatlah orang-orang yang berada di samping kita pun, yang selama ini berjuang di belakang kita telah dapat tersenyum bahagia. Karena pada hakikatnya kebahagiaan kita adalah kebahagiaan besar bagi mereka. Kita patut bersyukur dan bangga telah menyelesaikan salah satu amanah dari mereka.

Rekan-rekan wisudawan,

Hari ini bukanlah akhir dari perjuangan kita, hari ini adalah awal perjuangan lain yang telah menanti kita. Apapun profesi yang akan rekan-rekan geluti nantinya, berikanlah seluruh kemampuan kita dan berikanlah senyuman kepada orang-orang di sekitar kita. Buktikan bahwa lulusa Institut Agama Islam Darussalam adalah yang terbaik di masyarakat. Karena orang yang terbaik di sisi Allah adalah orang yang bermanfaat bagi sesama.

Orang yang hidup untuk dirinya sendiri akan hidup sebagai orang kerdil dan mati sebagai orang kerdil. Orang yang hidup bagi orang lain akan hidup sebagai orang besar dan mati sebagai orang besar.

Tiada kesuksesan tanpa perjuangan. Tiada perjuangan tanpa pengorbanan. Tiada pengorbanan tanpa keikhlasan. Dan kesuksesan yang sempurna adalah do’a para guru dan dosen semua.

Demikian sambutan  yang dapat saya sampaikan, mohon maaf atas kekhilafan dan kesalahan.

Hasbunallah wani’mal wakil ... 
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Tidak ada komentar: