27 Mei 2011

Dimanakah Kalian Saat ini ?

Refleksi Pemilu Raya KM IAID Ciamis 2011

Sungguh mengherankan, ketika beberapa kampus lain mengadakan musyawarah, kongres atau forum apapun yang menyangkut tentangt kebijakan kemahasiswaan begitu ramai dan begitu lekat etrasa di kalangan aktivis kampus. Bahka, mereka mulai beradu strategi untuk memenangkan calon Presiden Mahasiswa atau Dewan Perwakilan Mahasiswa dari kelompoknya masing-masing. Lalu, apa yang terjadi sebenarnya di kampus Institut Agama Islam Darussalam (IAID) Ciamis ? sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan kampus lainnya.

Komisi Pemilu Raya sudaha mulai membukan pendaftaran untuk peserta PEMIRA yang terdiri darui Calon Ketua DPM dan pasangan calon Ketua & Sekjend BEM KM IAID periode 2011-2012, namun hingga tulisan ini saya buat belum ada satupun yang mendaftarkan diri.


Secara pribadi saya tidak tahu, apakah mereka masih menunggu dan ragu untuk mendaftarkan diri, apakah mereka masih gamang bertindak, ataukah tak ada kemauan sedikitpun untuk belajar menjadi pemimpin di kampus IAID ini. Saya tidak tahu pasti …

Hanya saja, banyak orang (senior dan para alumni IAID) yang mengatakan bahwa kampus ini adalah pencetak kader pemimpin dimasa yang akan dating, dan buktinya banyak alumni IAID ini telah menjadi orang besar, ada yang menjadi Ketua MUI, ada yang menjabat Anggota DPR, ada yang pernah mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati, dan sekali lagi saya tegaskan ini adalah BUKTI bukan ILUSI.

Tulisan ini bukan gambaran sentiment pribadi, hanya gereget saja menyaksikan kondisi di kampus yang kurang begitu partisipatif dalam setiap agenda dan aksi kemahasiswaan. Bukan aksi turun kejalan, tapi aksi ilmiah, aksi politik kampus, aksi tradisi diskusi dan aksi-aksi lainnya yang mencitrakan ke-mahasiswa-an dan ke-islam-an. Tanpa menutup mata dan berupaya memandang seobjektif mungkin aksi ini sangat minim di Kampus tercinta ini.

So, kepada kalian yang masih menunggu dan ragu. Ayo bangkit dan rebut estapeta kepemimpinan selanjutnya.
Kepada kalian yang masih memiliki sedikit gairah, gelorakan dan tularkan kepada yang lain.
Kepada kalian yang masih merasa mahasiswa dan merasa bangga dengan gelar kemahasiswaannya, ayo mulai tunjukan bahwa kalian adalah MAHASISWA.

Jangan bersembunyi dan menutup diri,
Karena jika hal ini terus terjadi,
Banyak orang yang akan bertanya,
Dimana Kalian Saat ini ???

Tidak ada komentar: