21 April 2011

Tips Menjadi Orang yang Paling Bahagia



Sahabatku,,

Berimanlah, karena iman dapat menghilangkan kecemasan dan menghapus kegundahan. 
Iman adalah penyejuk mata hati orang-orang yang mengesakan Allah dan pelipur lara orang-orang yang suka beribadah.
Apa yang telah berlalu, biarlah. Apa yang telah pergi, biarlah binasa. Tak perlu anda memikirkan apa yang telah berlalu, kerana ia telah hilang dan sirna.

Ridhalah dengan takdir yang telah ditentukan dan dengan rizki yang telah dibagikan. Segala sesuatu sudah ada ukurannya, maka tinggalkanlah berkeluh kesah.

Ketahuilah, bahwa dengan dzikir kepada Allah, hati menjadi tenang dan dosa akan terhapus. Dengan dzikir pula, Dzat Yang Maha Mengetahui segala hal yang ghaib akan meridhai dan segala kesusahan akan sirna.



Jangan pernah mengharap ucapan terima kasih dari orang lain. Cukup bagi anda pahala yang diberikan oleh Dzat tempat bergantung semua makhluk. Anda tak perlu takut kepada orang kufur, pendendam, dan iri.

Apabila anda berada pada pagi hari, jangan menunggu datangnya waktu sore.
Hiduplah dalam batasan hari ini saja. Curahkan perhatian anda untuk memperbaiki hari ini.

Biarkan masa depan datang dengan sendirinya. Jangan mencemaskan hari esok, kerana jika anda telah memperbaiki hari ini, pastilah hari esok akan baik pula.

Bebaskan hati anda dari rasa iri dan dendam. Buang jauh-jauh amarah dan hilangkan rasa permusuhan dari hati anda.

Cobalah mengasingkan diri dari manusia, kecuali untuk kebaikan. Jadilah orang yang betah tinggal di rumah. Laksanakan urusan anda dengan baik dan janganlah terlalu banyak bergaul dengan orang lain tanpa manfaat.

Buku adalah sahabat terbaik. Bergaullah dengan buku. Bersahabatlah dengan ilmu dan bertemanlah dengan ma'rifat (pengetahuan)

Dunia ini dibangun berdasarkan keteraturan, maka sudah seharusnya anda mengatur pakaian, rumah, kantor, dan kewajiban-kewajiban anda.

Keluarlah dan perhatikan alam sekitar. Perhatikan kebun-kebun yang tumbuh rimbun dan telitilah makhluk Allah dan keindahan kreasi Sang Pencipta.

Anda harus bergerak dan berolahraga.
Jauhi kemalasan dan ketidak-berdayaan.
Tinggalkan kekosongan dan pengangguran.
Bacalah sejarah, pikirkan keajaiban-keajaibannya, renungkan keanehan-keanehannya, dan nikmati cerita-cerita dan kabarnya.
Perbaharui hidup, jadikanlah hidup anda lebih bervariasi. Sesekali rubahlah rutinitas hidup anda sehari-hari.

Jangan terlalu banyak minum minuman yang menegangkan syaraf, seperti teh dan kopi serta tinggalkanlah kebiasaan merokok.

Perhatikan kebersihan busana, keharuman tubuh, dan kerapian penampilan anda.

Jangan lupa selalu sikat gigi dan memakai wangi-wangian.

Jangan sekali-kali membaca buku yang menimbulkan prasangka buruk, pesimistis, putus asa, dan hilang harapan.

Ingatlah bahwa Tuhan Maha Luas ampunan-Nya, Maha menerima tobat, dan Maha Mengampuni dosa hamba-Nya. Dia berkenan mengganti amal buruk hamba-Nya dengan kebaikan.

Bersyukurlah kepada Allah atas nikmat agama, akal, kesehatan, pakaian, pendengaran, penglihatan, rizki, keturunan dll.

Tidakkah anda menyadari bahwa diantara manusia ada orang yang hilang akalnya atau kesehatannya, terpenjara, lumpuh, atau ditimpa musibah lainnya?

Hiduplah dengan Al-Qur'an dengan menghafalnya, membacanya, mendengarkannya, dan merenungkan kandungan ayat-ayatnya, kerana Al-Qur'an adalah penawar yang paling manjur untuk menghilangkan kesedihan dan kecemasan.

Bertawakkallah kepada Allah, serahkan segala urusan kepada-Nya, dan ridhalah dengan keputusan-Nya. Mintalah perlindungan dan pertolongan kepada-Nya dan percayakan segala urusan kepada-Nya, karena Dialah Dzat yang mencukupi dan menjamin segala kebutuhan anda.

Maafkanlah orang yang menzhalimi anda dan sambunglah tali silaturrahmi dengan orang yang memutuskannya dari anda.

Berilah orang yang tidak pernah memberi kepada anda dan berlaku lembutlah kepada orang yang berbuat jahat kepada anda.

Jika anda mampu melakukan semua ini, niscaya anda akan mendapatkan kebahagiaan dan ketentraman.

Perbanyaklah mengucapkan; ''LAA HAULA WA LAA QUWWATA ILLAA BILLAAH'' karena kalimat itu dapat melapangkan dada, memperbaiki keadaan, meringankan beban, dan akan membuat anda diridhai Dzat Yang Maha Agung.

Perbanyaklah membaca ISTIGHFAR [Astaghfirullah hal ‘adzim] karena
istighfar dapat mendatangkan rejeki, kelapangan, keturunan yang baik, ilmu yang bermanfaat, dan kemudahan, serta dapat menghapus dosa.

Sumber : Copas dari notes sahabat

Tidak ada komentar: